6 Cara Efektif Menyembuhkan Sariawan di Mulut dan Lidah

Sariawan muncul borok kawah-seperti dangkal di lidah atau di bagian dalam pipi atau bibir. Sebuah seriawan khas memiliki asrama merah dan pusat putih atau kuning dan dapat menyebabkan nyeri terutama saat mengunyah.

Mayoritas orang mengalami sariawan di beberapa titik dalam hidup mereka (atau teratur dalam beberapa kasus) tapi tidak seperti luka dingin, sariawan tidak dapat menular ke orang lain. Jadi bagaimana satu menyingkirkan sariawan di mulut? Mari kita mulai dengan dasar-dasar.

sariawan dilidah

Penyebab Sariawan di Mulut dan Lidah

Penyebab sebenarnya tidak diketahui tetapi beberapa kondisi telah dikenal untuk mendorong sariawan. Kondisi berikut dapat menyebabkan sariawan di mulut Anda:

  • stres yang ekstrim
  • Selama cycle- menstruasi dalam kasus perempuan
  • Trauma pada mouth- atau lainnya cedera seperti menggigit pipi bagian dalam atau bibir
  • kawat gigi
  • Beberapa alergi makanan
  • makanan asam atau minuman
  • Kekurangan gizi dan kekurangan vitamin penting termasuk asam folat dan vitamin B12

Bagaimana  Cara Menyembuhkan Sariawan di Mulut dan Lidah ?

Anda tidak perlu menemui dokter untuk Menyembuhkan Sariawan di Mulut. Namun Anda bisa, menerapkan sejumlah hal pada ulkus untuk mengurangi rasa sakit atau mempercepat proses penyembuhan. Berikut ini adalah aman, pengobatan rumah alami yang dapat Anda gunakan untuk mengobati gejala-gejala ringan dan menyingkirkan luka.

1.) Aloe Vera

Aloe Vera mengandung sifat anti-inflamasi alami yang membantu meminimalkan bengkak dan juga mempercepat penyembuhan. Terapkan kental langsung pada kanker sakit beberapa kali sehari atau berkumur dengan jus lidah setidaknya tiga kali sehari.

2.) Coriander

Ketumbar adalah sangat efektif dalam mengelola sariawan. Ini memiliki antijamur alami, sifat antiseptik dan anti-inflamasi yang meringankan ketidaknyamanan dan meningkatkan penyembuhan. Untuk menerapkan, menggunakan salah satu metode berikut:

Rebus sejumlah kecil daun ketumbar dan saring solusinya. Tunggu sampai hangat dan berkumur air tiga kali sehari.

Tambahkan satu sendok teh biji ketumbar untuk air panas rebus dan biarkan duduk untuk sementara dan kemudian saring airnya. Gunakan air untuk membilas mulut Anda beberapa kali sehari.

Membuat jus segar dari biji ketumbar dan minum beberapa kali sehari untuk efek yang sama. Sip santai untuk memungkinkan jus untuk beristirahat di mulut lagi.

3.) Garam

Garam efektif menarik cairan di dalam kanker sakit untuk mempercepat proses penyembuhan. Untuk menerapkan, campurkan satu sendok teh garam dalam secangkir air hangat dan aduk. Bilas mulut Anda dengan solusi dan desir di dalam mulut Anda selama sekitar 60 detik dan kemudian meludahkannya. Ulangi proses ini tiga atau empat kali sehari dan setelah setiap bilas, menaruh sejumput kecil garam langsung pada ulkus untuk menarik fluid- itu akan terluka, tapi itu banyak membantu.

4.) Baking soda

Baking soda sangat ideal untuk menetralkan keasaman dari luka serta meminimalkan peradangan. Untuk menerapkan, campurkan sedikit air dengan satu sendok teh baking soda untuk membuat pasta. Oleskan pasta ini langsung ke kanker sakit dan memungkinkan untuk duduk selama beberapa menit sebelum dibilas mulut Anda dengan air hangat.

Atau, tambahkan satu sendok teh baking soda ke dalam segelas air hangat, aduk dan menggunakannya untuk berkumur mulut Anda beberapa kali sehari.

 

5.) Madu

Jika makanan yang menyebabkan Anda iritasi utama mungkin Anda bisa mencoba zat menenangkan alami seperti madu. Gunakan hanya satu sendok teh madu dan menerapkan seluruh daerah. Ini akan menyengat sedikit tapi rasa sakit dan peradangan akan mereda dalam beberapa menit.

Atau, campurkan sedikit madu dengan bubuk kunyit untuk membuat pasta. Oleskan pasta ini secara langsung di daerah dan biarkan duduk selama beberapa menit sebelum dibilas mulut Anda. Lakukan ini setidaknya dua kali sehari untuk efek yang lebih besar.

 

6.) Sage

Ini adalah ramuan alami yang dapat Anda gunakan untuk efek menenangkan untuk memberikan bantuan instan dari rasa sakit dan peradangan. Rebus tiga sendok teh sage dalam cangkir dan biarkan dingin ke suhu kamar dan kemudian menggunakan cairan untuk berkumur mulut Anda beberapa kali sehari. Anda juga dapat menerapkan bijak bubuk langsung pada daerah yang terkena dan biarkan selama beberapa menit, sebelum akhirnya membilas mulut Anda dengan air hangat.

 

Tips Saat Mengalami Sariawan

sariawan membuat sulit untuk makan makanan asam atau pedas sehingga menghindari makanan yang keras dan menempel bahan ringan seperti yang ditemukan dalam produk susu.

  • Potong makanan menjadi kecil, potongan-potongan dikelola dan minum cairan dingin seperti es teh. Jika minum menyebabkan rasa sakit menyengat mencoba menghirup dari sedotan dan tahan es batu pada kanker sakit sampai ia pergi mati rasa.
  • Sikat gigi ringan menggunakan sikat gigi yang lembut-rapuh dan hindari menyentuh luka terbuka langsung sebagai yang dapat menyebabkan rasa sakit dan bahkan perdarahan.
  • Ambil sakit-pereda seperti aspirin, ibuprofen, naproxen, atau obat non-steroid lainnya ketika rasa sakit menjadi intens.

Siapapun bisa mendapatkan sariawan, tetapi wanita, remaja dan dewasa muda lebih rentan. Jika setelah dua minggu mencoba langkah-langkah di rumah ulkus tidak pergi, mungkin ada masalah lain sehingga mengunjungi dokter Anda sebelum mencoba untuk menggunakan obat lain.

Jika dalam makanan tertentu masa lalu disebabkan sariawan di mulut atau lidah, menghindari makanan tersebut dan juga menjauhkan diri dari makanan kering seperti remah roti atau keripik kentang karena dapat menyengat sakit terbuka. Alkohol dan tembakau harus dihindari juga karena mereka berkontribusi pada stres dan akan mengganggu proses penyembuhan.

Nutrisi yang tepat adalah penting dalam memerangi sariawan. Selalu sertakan cukup zat besi dan vitamin dalam diet- Anda seperti asam folat, seng, besi, dan vitamin B12. Cobalah tips ini pada saat Anda melihat kanker sakit muncul di lidah atau mulut dan pastikan untuk melindungi jaringan lunak di mulut Anda dari makanan yang keras atau minuman panas karena dapat menyebabkan luka muncul. semoga luka sariawan anda cepat sembuh 🙂

Leave a Comment